Buah Tangan dari Raja Ampat

Waisai adalah kota yang dijadikan ibu kota kabupaten Raja Ampat. Dikota ini tersedia aneka buah tangan dari Raja Ampat itu sendiri. Oleh karena itu sebelum pulang dari liburan, sebaiknya jangan lupa belanja oleh-oleh sepuasnya. Nah, di Pulau Raja Ampat, ada aneka oleh-oleh yang bisa anda borong dan bawa pulang. Paling asyik kalau kemudian dibagi – bagi teman sekantor dan tetangga di kampung. Pelancong mania silahkan untuk mencoba mencari oleh-oleh yang khas dan unik. Anda pasti akan menemukan beberapa jenis olahan laut yang praktis untuk dijadikan oleh – oleh. Alam yang sifatnya multi pulau alias kepulauan menjadikan kabupaten Raja Ampat surplus aneka hasil laut, yang diolah menjadi berbagai. Produk itu berbasis ikan, mulai dari ikan tenggiri, tuna sampai cakalang gitu.

Limpahan Ikan-ikan yang luar biasa ini diolah menjadi aneka produk kuliner mentah, yang bisa dijadikan buah tangan dari Raja Ampat. Misalnya, ada kerupuk, ikan asin biasa hingga abon ikan. Produk – produk ini sudah dikemas apik dengan plastik yang tebal dan bagus, dan pantas untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya sangat murah, yakni hanya Rp 25.000 per bungkusnya. Untuk produk yang lain, harganya pun beragam. Misalnya abon ikan tuna dan cakalang dibandrol dengan harga Rp 15.000 per bungkusnya. Nah, kalau ikan asin biasa Rp 140.000 per bungkusnya. Sebenarnya ada yang matang dan ada yang belum, kerupuk misalnya ada yang sudah matang ada yang belum. Jangan takut rugi, hasil olahan ini tahan lama. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Ohhhh iya teman pelancong semua, ada juga produk sagu yang dibuat agak keras untuk teman ngopi anda dipagi maupun senja. Harganya murah hanya Rp 15.000 per bungkusnya saja.Kopi ini pun bisa buah tangan dari Raja Ampat. Kemudian, ada hasil olahan laut ini yang juga unik yakni makanan khas dari Pulau Saonek di Raja Ampat. Pembuatannya pun masih berupa home industri.
Nah, walaupun sifatnya home industri, akan tapi pengrajin bisa melakukan untuk pengiriman barang ke luar kota juaga lho. Oleh karena itu para pelancong yang aka cicipi hasil laut olahan khas Raja Ampat bisa langsung terbang ke sana. Mantab bukan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top