Cara Mengatasi Penyebab Batuk Berdahak

Apa saja penyebab batuk berdahak? Sebelum kita mengetahui penyebabnya, ada baiknya kita ketahui pengertian dari batuk itu sendiri. Batuk merupakan respon alami tubuh sebagai proses dari bekerjanya sistem pertahanan saluran pernapasan ketika terjadi gangguan dari luar. Respon tersebut bekerja untuk membersihkan lendir/dahak, atau faktor lain yang menyebabkan iritasi. Penyebab iritasi biasanya adalah berbagai bahan iritan seperti debu atau asap, fungsi dari batuk ialah mengeluarkan berbagai bahan iritan tersebut.

Pada umumnya, batuk cukup jarang mengindikasikan bahwa kita terkena penyakit serius, terutama bagi anak anak. Batuk yang normal biasanya akan sembuh paling lama dalam waktu 3 minggu sehingga batuk sebenarnya tidak membutuhkan pengobatan. Bahkan, dikatakan oleh para ahli bahwa keefektifan dari obat batuk belum sepenuhnya dapat dibuktikan. Justru ramuan-ramuan buatan sendiri dari bahan herbal seperti air madu dan lemon merupakan obat yang efektif untuk meredakan batuk.

Anak sehat haruslah mengetahui tentang penyebab penyakit batuk berdahak yang satu ini. Berbagai hal yang menjadi penyebab batuk berdahak akan membuat produksi lendir atau dahak di tenggorokan meningkat. Sedangkan pada batuk kering, tidak disertai dengan meningkatnya dahak sehingga dalam dunia medis sering juga disebut batuk nonproduktif. Pada kasus batuk berdahak, terjadinya batuk justru akan sangat membantu karena bekerja untuk menghilangkan dahak. Tenggorokan, sinus, dan paru-paru merupakan tempat yang paling sering menjadi asal melekatnya dahak.

Sejumlah hal yang menjadi penyebab penyakit batuk berdahak antara lain sebagai berikut:

  1. Kambuhnya penyakit jangka panjang seperti misalnya asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau bronkiti kronis.
  2. Rintis alergi yang biasanya bisa disebabkan karena zat-zat yang menimbulkan alergi pada tubuh terutama saluran pernapasan.
  3. Cairan dari hidung yang menetes ke tenggorokan (seperti saat kita terkena flu, biasanya akan turut disertai dengan batuk).
  4. Paparan asap rokok pada saluran napas.
  5. Paparan debu, asap, serta senyawa kimia lainnya.

Faktor-faktor penyebab batuk berdahak di atas merupakan penyebab yang seringkali terjadi dan mengakibatkan batuk yang disertai dahak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top