Perlunya Shalat Taubat serta Hikmah Mengerjakannya

Shalat taubat yaitu satu beribadah sunnah yang ditujukan untuk umat Islam yang menginginkan bertaubat pada Allah Swt. Dalam menggerakkan shalat ini umumnya dikerjakan dengan dua rakaat seperti sholat biasanya. Cuma saja tujuannya yaitu menginginkan mendekatkan diri pada Allah dengan jalan taubat. Berdasar sebagian perjanjian ulama mengatakan kalau Abu Bakar sempat menengat sabda Rasullulah dimana berbuyi ; tidak orang yang bertaubat lalu bersuci serta berdiri dan lakukan shalat 2 rakaat. Lalu ia lalu mohon ampunan pada Allah, serta Allah memberikan dianya jalan yang benar serta memberi ampunan. Dalam hadits itu diterangkan kalau dengan menggerakkan shalat 2 rakaat itu, Allah membukakan pintu maafnya. Perbuatan keji yang disesalinya juga akan membuat Allah berhenti dalam memberi murkannya.

Menggerakkan shalat taubat ini tidak bisa didasarkan pada hal yang berbentuk duniawi. Umpamanya Anda menggerakkan shalat taubat atas hasrat manusia atau dapat disebutkan tidak dengan rasa ikhlas di dalamnya, adalah satu hal yang akan tidak memperoleh ridho Allah. Oleh karena itu, baiknya dalam menjalankannya mesti di dasarkan atas kerelaan hati untuk Allah Swt. Sebab hikmah yang dapat diperoleh saat mengerjakannya dengan tulus ikhlas sangat besar. Di bawah ini adala sebagian hikmah yang dapat didapat saat lakukan shalat taubat dengan rasa ikhlas ;

  • Shalat taubat dapat jadi bentuk keseriusan taubat seorang pada Allah Swt.
  • Doa dalam shalat taubat begitu juga akan didengar Allah serta begitu mustajab.
  • Dengan taubat sungguh- benar-benar ini Allah juga akan mengampuni semua dosa yang sudah dikerjakannya.
  • Karena shalat taubat ini adalah sunnah yang disarankan oleh Rasulullah, jadi nantinya orang yang mengerjakannya juga akan memperoleh syafaat dari Rasulullah.
  • Hati juga akan rasakan ketenangan, kedamaian serta kebahagiaan atas peluang untuk kembali pada jalan yang benar dengan taubat yang dikerjakannya.
  • Shalat taubat ini dapat juga jadi penghambat untuk kembali lakukan perbuatan maksiat.
  • Anda juga akan berhenti serta akan tidak kembali lakukan perbuatan maksiat.

Tersebut sebagian hikmah dari shalat taubat bila dikerjakan dengan penuh keihklasan. Semog dengan ketahui hal semacam ini semua aksi maksiat dapat berhenti serta jadi orang yang taubatannya di terima oleh Allah Swt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top