Review Smartphone Yu Yureka Black Terbaru

Smartphone Yu Yureka Black
Smartphone Yu Yureka Black

Review Smartphone Yu Yureka Black Terbaru – Yu Televentures, anak perusahaan Micromax, memulai debutnya di pasar smartphone India pada awal tahun 2015 dan dapat dikreditkan dengan memulai perang harga di sub-R. 10.000 segmen. Beberapa telepon pertama dari merek eksklusif online adalah Yu Yureka asli, Yu Yuphoria, dan Yu Yureka Plus, yang menunjukkan berapa banyak pembeli bisa mendapatkan uang yang relatif sedikit. Merek tersebut mengklaim telah menjual lebih dari 3 juta ponsel di India.

Data International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa sampai Maret tahun lalu Micromax adalah vendor smartphone terlaris kedua di India, dengan kehadiran offline dan online yang kuat. Namun, tidak ada peluncuran Micromax atau Yu yang besar untuk waktu yang lama, dan merek China tampaknya telah diambil alih.

Sekarang, Yu Yureka kembali menjadi avatar baru, yang disebut Yu Yureka Black. Ini adalah peluncuran perdana ponsel pertama dalam hampir sembilan bulan. Yu Yureka Black yang baru, seperti sebelumnya, adalah produk eksklusif online dan menjanjikan banyak fitur. Yureka Black memiliki banyak hal untuk ditinggali terutama karena Yureka (Review) dan Yureka Plus (Review) yang asli menetapkan standar tinggi dan terkesan pengulas.

Namun, dengan persaingan yang lebih banyak dari sebelumnya, apakah terlalu terlambat bagi perusahaan? Kami harap ulasan ini dapat membantu Anda merencanakan perjalanan.

Desain Yu Yureka Hitam
Yureka Black baru bisa dipasarkan sebagai “reinkarnasi” dari smartphone Yureka asli tapi tidak ada kesamaan antara keduanya dalam hal desain. Yureka, diluncurkan pada tahun 2015, menampilkan hasil amplas di bagian belakang yang menjadi tanda tangannya. Black Yureka Black yang baru, di sisi lain, menampilkan unibody all-metal dengan finishing glossy, yang pastinya terasa premium pada tingkat harga ini.

Yureka Black telah diluncurkan dalam dua versi: Chrome Black, yang kami terima untuk ulasan kami, dan Matte Black. Bagian depan ditutupi kaca 2.5D, yang memberikan daya tarik visual. Ada tombol Home fisik dengan sensor finterprint terintegrasi di bagian depan, yang memiliki aksen krom disekitarnya.

Versi Chrome Black dari Yu Yureka Black memiliki finishing seperti cermin di bagian belakang dan samping, dan sulit bagi kami untuk memotretnya tanpa pantulan. Itu juga licin, dan kami harus ekstra hati-hati saat mengangkat telepon ini, karena cenderung terlepas dari tangan kami. Untungnya, Yu mengirimkan kasus transparan dengan handset, yang sebaiknya kami gunakan setiap saat. Panel belakang Yu Yureka Black memiliki dua garis krom yang melintang di bagian atas dan bawah meniru garis antena yang terlihat di beberapa telepon. Kamera utama menonjol sedikit, meski lensa dilindungi oleh cincin logam.

Kami sangat menyukai kenyataan bahwa Yureka Black hidup sesuai namanya, karena warnanya adalah tema utamanya. Hampir tidak ada branding pada handset kecuali logo Yu di bagian belakang. Bagian bawah ponsel ini memiliki port Micro-USB standar dan kisi-kisi ganda, meski hanya satu yang benar-benar seorang pembicara. Soket audio 3.5mm ada di bagian atas, sedangkan nampan dual-SIM (Micro + Nano) hibrida ada di sebelah kiri.

Dengan tebal 8.7mm, Yu Yureka Black sedikit lebih tebal dari pada Xiaomi Redmi 4, yang berukuran 8.65mm. Layar 5 inci cukup mudah digunakan hanya dengan satu tangan, dan akhirnya kami menggunakannya dengan cara yang sama melalui sebagian besar ulasan kami. Di 150g, telepon terasa cukup ringan.

Secara keseluruhan, Yu Yureka Black tidak menawarkan sesuatu yang baru dalam hal desain, tapi tidak mengecewakan kita baik dengan penampilan dan estetikanya. Kualitas konstruksinya sedikit lebih baik dari kebanyakan pesaing di segmen harga ini.

Yu Yureka Black spesifikasi dan software
Yureka Black menampilkan layar IPS berukuran 5 inci full-HD (1080×1920 piksel) dengan kaca Corning Gorilla Glass 3 yang melengkung, yang merupakan bonus bagus pada harga terbaru ini. Smartphone berkemampuan 4G ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 430 okta-inti yang dilengkapi dengan 1.4GHz, ditambah dengan RAM sebesar 4GB. SoC ini telah menjadi pilihan populer untuk telepon murah di seluruh merek, dan kami telah melihat beberapa contoh terbaru dari hal ini, termasuk Xiaomi Redmi 3S Prime (dan Redmi 3S), Lenovo K6 Power, Panasonic Eluga Ray Max, dan Motorola Moto G5 .

Yu Yureka Black memiliki penyimpanan 32GB dan mendukung ekspansi melalui kartu microSD (sampai 64GB). Ponsel ini hadir dengan desain dual-SIM hybrid, yang berarti Anda harus memilih antara menggunakan SIM kedua atau kartu microSD.

Yu Yureka Black memiliki kamera belakang 13 megapiksel dengan sensor Sony IMX258, PDAF, dan lampu kilat dual-LED. Ada juga kamera depan 8 megapiksel dengan LED flash miliknya sendiri. Pilihan konektivitas termasuk Wi-Fi 802.11b / g / n, Bluetooth, GPS, dan 4G dengan VoLTE. Ponsel ini didukung oleh baterai 3000mAh, yang menurut perusahaan dapat memberikan waktu siaga hingga 168 jam dan waktu bicara 3G hingga 21 jam.

Merek Yu Micromax telah membuang OS Sianogen dan ponsel ini dilengkapi dengan Android 6.0 Marshmallow, ditambah beberapa tweak visual untuk ikon aplikasi, animasi, dan lainnya. Kami terkejut melihat Micromax memberikan antarmuka Steroidnya, yang hadir pada ponsel Yu sebelumnya, sebuah kehilangan untuk Yureka Black. Ada tombol di layar meski ponsel memiliki tombol Home fisik dengan ruang yang tidak terpakai di sampingnya.

Tidak ada laci aplikasi, dan semua ikon tersebar di tiga layar utama. Ikon semua dikuadratkan, yang tidak kita sukai, dan tidak ada cara untuk mengubah ini. Tentu saja Anda bisa mendownload peluncur pihak ketiga dari Google Play Store. Yu Yureka asli memiliki lebih banyak pilihan untuk kustomisasi. Yu telah mencoba untuk membatasi bloatware di Yureka Black, dan sama sekali tidak ada aplikasi selain yang ada di Google. Kami sangat menyukai pendekatan ini, karena membuat ruang penyimpanan telepon gratis bagi pengguna untuk memanfaatkannya.

Yureka Black juga menawarkan cara pintas Smart Action, yang pernah kami lihat di beberapa ponsel Android lainnya. Anda dapat menggunakan tiga jari untuk mengambil tangkapan layar, mengunci layar dengan ketuk dua kali, dan membalik telepon untuk mematikannya atau menunda alarm. Anda juga dapat mengaktifkan Smart Gestures, yang memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti meluncurkan kamera dengan menelusuri “O” di layar. Fitur ini bekerja dengan sempurna saat kita mencobanya. Kami juga sangat menyukai penerapan mode satu tangan, yang menyusut area layar ke salah satu sudut layar, dengan gerakan menggesek ke salah satu arah pada bilah navigasi.

Selama periode review kami, Yu memberi kami versi beta dari update Android 7.1.2 Nougat yang dijanjikan perusahaan akan dilepaskan ke pembeli Yureka Black dalam beberapa minggu. Mengingat bahwa ini adalah beta build, kami menghadapi beberapa halangan. Ini tersedia bagi pengguna yang ingin mencobanya – harus diinstal secara manual dan bukan sebagai pembaruan over-the-air – meskipun kami sarankan Anda menunggu pembaruan diluncurkan secara resmi ke semua pengguna.

Penampilan Yu Yureka Hitam
Yu Yureka Black senang menggunakannya, dan kami tidak menghadapi cegukan saat menghadapi kinerja aplikasi atau UI. Prosesor Snapdragon 430 telah menjadi pilihan SoC yang populer untuk ponsel di segmen ini, dan tidak mengecewakan pada Yureka Black. Permainan seperti Asphalt 8, Need for Speed: No Limits, and Marvel: Kontes Champions berjalan lancar, dan kami tidak menemukan frame drop. Sesi game yang panjang membuat ponsel menjadi hangat tapi tidak terlalu tidak nyaman.

RAM 4GB di Yu Yureka Black sudah cukup untuk sebagian besar tugas, dan kami tidak pernah merasakan kebutuhan akan hal yang lebih. Ponsel ini juga berhasil dalam uji benchmark kami, mencetak 44.164 di AnTuTu, yang lebih baik dari skor Xiaomi Redmi 4 dari 43.677 meskipun ponsel ini memiliki SoC Snapdragon 435. Yureka Black juga mencetak 22.572 di Quadrant, 5.598 di 3D Mark Ice Storm Extreme, dan 17fps di GFXbench – yang semuanya lebih baik dari rata-rata.

Layar 5 inci pada Yu Yureka Black memiliki resolusi 1080×1920 piksel yang menghasilkan kerapatan sekitar 441ppi. Layarnya terang, dan kedua teks dan gambar tampak garing. Sudut pandang sinar matahari dan sudut pandang juga lumayan. Namun, kami merasa tampilan yang lemah dalam hal saturasi warna dan kontras. Ini jelas bukan tampilan terbaik yang pernah kita lihat dalam kategori ini.

Kamera belakang 13 megapiksel pada Yu Yureka Black berhasil mengambil beberapa gambar bagus dengan warna jenuh yang jernih. Dalam pencahayaan yang baik, warna muncul dengan baik. Fokus dan deteksi eksposurnya cepat, berkat deteksi fasa autofocus. Kami melihat bahwa dalam tembakan dengan terlalu banyak cahaya, detail dan tekstur sedikit kacau dan berisik bila dilihat pada ukuran penuh.

Secara keseluruhan, tingkat detail dalam cuplikan sampel cukup baik, dan tembakan sampel siang hari lebih baik daripada yang telah kita lihat dari ponsel lain seperti Perdana Redin 3X Xiaomi. Namun, tembakan rendah cahaya keluar kusam dan gelap, dan tidak ada cara untuk memperbaiki itu. Kami melihat rincian yang hilang dan memfokuskan masalah dalam cahaya rendah juga. Orang-orang egois bisa diterima tapi kami menemukan bahwa tembakan sering kabur. Ponsel ini mampu merekam video 1080p pada 30fps, dan kualitas video dari Yureka Black cukup bagus.

Kami menemukan bahwa pembicara cukup keras untuk mengisi ruangan kecil, tapi jangan berharap suara yang bagus. Telepon kapal dengan sepasang earphone, dan kualitasnya lumayan. Kami tidak memiliki keluhan tentang kualitas panggilan pada Yu Yureka Black. Perangkat ini mendukung 4G dengan VoLTE (voice over LTE) yang berarti kita dapat melakukan panggilan dengan menggunakan SIM Jio. Kedua SIMs mendukung 4G, meski hanya satu per satu, sementara yang lain harus puas dengan 2G.

Baterai 3000mAh Yu Yureka Black yang tidak dapat dilepas berlangsung selama kira-kira satu hari pemakaian berat. Kami melihat bahwa baterai dicelupkan ke hampir 60 persen dari muatan penuh dengan waktu kurang dari satu jam permainan berat. Dalam tes loop video kami, Yureka Black bertahan selama 10 jam dan 55 menit, yang layak untuk baterai seukuran ini. Yu tidak mengklaim bahwa ponsel ini mendukung pengisian cepat, namun kami menemukan bahwa baterai tersebut dapat diisi penuh dalam waktu sekitar 90 menit, yang tidak buruk.

Putusan
Yureka Black menandai kembalinya merek Yu secara online-eksklusif, dan memiliki spesifikasi, fitur, dan harga yang tepat untuk menarik khalayak luas. Meskipun mungkin tidak berhasil mengumpulkan banyak minat seperti yang Yureka asli lakukan pada tahun 2015, ini pastinya merupakan pilihan bagus dalam kategori harganya. Desain, performa, dan daya tahan baterai adalah beberapa sorotannya, namun performa kamera dalam cahaya rendah menjadi masalah.

Dengan harga Rs. 8,999, Yureka Black adalah pemain serba solid. The Xiaomi Redmi 3S Prime (Review), Lenovo K6 Power (Review), Panasonic Eluga Ray Max, Motorola Moto G5 (Review), dan Xiaomi Redmi 4 (Review) adalah pesaing yang paling jelas.

Kelebihan:
Kelihatan bagus
Masa pakai baterai yang solid
Kinerja keseluruhan yang layak

Kekurangan:
Performa kamera ringan bisa lebih baik
Kualitas layar tidak cukup sampai tanda
Slot dual-SIM hybrid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top