4 Tips Menentukan Sapi Terbaik untuk Berkurban Tahun Ini

Kalau Anda berniat menyediakan kurban terbaik di tahun ini maka bisa mempertimbangkan sapi untuk dijadikan pilihan. Seperti yang termuat di dalam artikel yang ada di situs Https://www.globalqurban.com/id/news/article/sapi-kurban-hewan-terbaik-untuk-di-kurbankan. Sapi ini memang menjadi pilihan yang menarik lagi paling baik untuk dijadikan hewan kurban, sebab memiliki daging lebih banyak. Otomatis ketika dikurbankan nantinya akan mengayomi kebutuhan daging segar dan berkualitas untuk lebih banyak fakir miskin. Kalau dilihat dari harga memang sapi sendiri jauh lebih mahal ketimbang kambing.

 

Tips Menentukan Sapi Terbaik untuk Berkurban

 

Untuk itulah bagi Anda yang punya niat berkurban sapi usahakan beberapa tahun ke belakang sudah menabung untuk membelinya. Ketika tabungan sudah terkumpul maka pilih sapi terbaik, dan berikut beberapa anjuran supaya sapi kurban Anda tidak mengecewakan:

 

  • Memilih sapi dalam kondisi sehat dan lincah,

Berkurban memang dianjurkan memilih hewan terbaik, jikalau sapi dijadikan pilihan maka pastikan membeli sapi sehat dan lincah. Sehat tidaknya sapi memang tidak bisa didengarkan keluhannya seperti manusia namun bisa diketahui dari kondisi fisiknya. Misalnya kulit yang nampak kusam dan terdapat luka, mulut yang mengeluarkan banyak air liur, mata belekan, dan sebagainya.

 

  • Pastikan fisiknya sudah sempurna,

Sama seperti pemilihan hewan kurban lainnya, fisik sapi juga wajib untuk sempurna dalam artian tidak memiliki cacat. Misalnya kaki sempurna yang berjumlah empat dan mampu menopang tubuh sapi dengan baik. Mata tidak juling dan tentunya jernih, gigi yang rapi dan juga sehat, memiliki tanduk (meski tidak ada tanduk pun tidak mengapa), dan lain sebagainya. Sapi yang sakit dan cacat tidak sah dijadikan hewan kurban sehingga perlu teliti ketika membelinya.

 

  • Memiliki badan yang gemuk,

Memilih hewan kurban terbaik terutama dari jenis sapi yang juga dikenal sebagai pilihan hewan kurban terbaik tentu tidak boleh tanggung. Selain fisik sempurna serta sehat sapi ini juga baiknya memiliki badan yang gemuk. Sebab dengan badan gemuk otomatis memiliki daging banyak yang membuatnya bisa dibagikan kepada lebih banyak orang. Ketika sapi kurban yang Anda pilih mampu memenuhi kebutuhan lebih banyak orang maka sudah tentu pahala yang diterima juga lebih banyak.

 

  • Utamakan memilih sapi jantan dan bertanduk,

Kalau disuruh memilih antara sapi betina dengan sapi jantan maka akan lebih dianjurkan untuk memilih sapi jantan. Sebab merupakan pilihan terbaik untuk berkurban ketimbang sapi betina, begitu pula dengan kambing. Ketika sapi jantan tidak bisa didapatkan barulah Anda memilih sapi betina, sehingga bisa dijadikan pilihan utama. Selain itu carilah sapi yang sudah memiliki tanduk namun kembali lagi jika sulit didapat maka sapi tidak bertanduk pun bisa dipilih. Asalkan dengan catatan minusnya tanduk bukan karena cacat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top