Mengenal Alat Kesehatan Elektromedik

Alat Kesehatan merupakan satu instrument yang sangat penting sebagai penunjang pelayanan kesehatan di rumah sakit dan klink. Alat kesehatan mengambil peranan yang kuat karena hampir menjadi point yang tidak bisa dikesampingkan. Lebih dari 40% saya rasa dari peran seorang tenaga medis dan juga obat atau peralatan lainnya.

alat elektromedik

Ada tiga jenis Alat Kesehatan yang bisanya ada di Rumah Sakit, yaitu alat Elektromedik, Non Elektromedik, dan Alat Diagnostic In Vitro. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu jenis dan memberikan beberapa contohnya, yaitu alat kesehatan elektromedik.

Pengertian Alat Kesehatan Elektromedik

Dari data “Elektromedik” bisa kita simpulkan bahwa alat ini berhubungan dengan elektro. Jadi pengertian alat elektromedik adalah alat – alat medis yang berhubungan atau mengandung unsur elektronik (listrik). Baik cara kerja atau prinsip kerjannya berhubungan dengan listrik. Untuk memperjelas, yuk kita simak beberapa contohnya :

1. Defibrillator

Defibrillator merupakan alat kejut jantung yang menggunakan tenga listrik (energi listrik) yang diberikan pada pasien yang mengalami gagal jantung (jantung berdetak tapi tidak bisa memompa darah). Dengan sengatan listrik, jantung akan kembali berdetak normal.

Ada dua jenis alat defibrillatoar. Defibrillator manual dan Otomatis. Defibrillator Otomatis dikenal dengan AED atau juga disebut dengan Defibrillator Portable. Harga Defibrillator Portable lebih murah dari pada harga defibrillator Manual karena dari segi fiturnya lebih banyak.

2. EKG

Ada lagi alat Elektromedik lainnya yaitu EKG (Elektrokardiograf), apa itu EKG ? Yaitu sebuah alat kesehatan yang berfungsi untuk rekam jantung. Alat ini bekerja dengan sistem elektronik dan sensor. Elektroda bulb yang ditempelkan di dada paien berfungsi untuk menangkap signal elektronik yang akan direkam oleh EKG kemudian akan dicetak menjadi grafik tegangan terhadap waktu. Grafik inilah yang akan dianalisa oleh dokter.

3. Pasien Monitor

Anda pernah melihat sebuah moniotr yang kadang berbunyi “bip bip bip” di sebuah ruang rumah sakit ? Biasanya ada di ruang icu rumah sakit. Itulah pasien monitor, monitor ini berfungsi untuk memantau perkembangan kesehatan pasien seara real time. Dalam pasien monitor terdapat beberapa parameter medis seperti grafik EKG, Blood Presure, SpO2 dan lain sebagainya.

Sekerad informasi untuk anda yang membutuhkan alat – alat medis untuk standar rumah sakit dan klinik. Anda bisa kunjungi www.gloryamedica.com. website toko online Distributor Alat Kesehatan terlengkap dan termurah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top