Tipu Korban Pakai Jenglot, Dukun Pengganda Uang Raup Rp 300 Juta

Perlengkapan KantorSupriyanto telah lama menggerakkan tindakan penipuan dengan mengakui jadi dukun yang dapat melipat-gandakan uang. Pria berumur 60 th. itu telah mejalankan tindakan tipunya mulai sejak 2011. Mulai sejak itu juga Supriyanto sudah menipu 15 korbannya.

” Dari praktiknya, Supriyanto telah memperoleh lebih dari Rp 300 juta, ” kata Kapolres Banyumas AKBP Dwiyono di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (25/12/2013).

Tetapi, tindakan Supriyanto mesti berhenti sesudah polisi membekuknya. Supriyanto diringkus di tempat tinggalnya yang beralamat di Desa Pasir Lor RT 004/RW 003, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas.

Karena tindakan penipuannya, Supriyanto diancam dengan Pasal 378 KUHP mengenai Penipuan jo Pasal 372 KUHP mengenai Penggelapan. Dengan ancaman hukuman 4 th. penjara.

Dalam aksinya, Supriyanto memohon korban beli beberapa sesaji padanya, salah satunya minyak gondo mayit, menyan, jenglot, serta batang kuningan. Sesaji itu lalu dimasukkan kedalam kotak hitam dengan kertas HVS yang dipotong seukuran kertas.

Supriyanto berjanji guntingan kertas itu juga akan beralih jadi uang sesudah ritual dengan sesaji yang dibeli beberapa korbannya dikerjakan. Namun hingga beberapa korbannya hingga ke tempat tinggal, nyatanya potongan kertas itu tidak kunjung beralih jadi uang.

Sampai sekarang ini Polres Banyumas masih tetap meningkatkan penyelidikan masalah penipuan ini. Sebab peluang banyak korban Supriyanto yang belum juga melapor. Sampai kini Supriyanto mengakui sudah berpraktik di beberapa daerah, diantaranya Malang Jawa Timur, Purbalingga, Cilacap, serta Bandung. Alat Tulis Kantor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top