Beberapa Penyebab Bayi Susah Makan yang Harus Anda Ketahui

Menjadi orangtua bukan hal yang dimudah dimana saat dia lahir anda harus mempersiapkan semua perlengkapan bayi baru lahir yang diperlukan setelah ia tumbuh dengan baik namun ada satu masalah yang membuat orangtua stres yaitu saat merasakan bayi yang sulit makan. Walau sebenarnya, Si Kecil perlu konsumsi untuk mendukung pertumbuhannya serta tingkatkan ketahanan badannya.

Sesungguhnya memanglah ada beberapa waktu spesifik dimana bayi sulit makan. Supaya tidak jadi beban fikiran Anda, tersebut empat hal yang mengakibatkan bayi sulit makan bersama langkah mengatasinya.

Beberapa Penyebab Bayi Susah Makan yang Harus Anda Ketahui

Sariawan

Keadaan ini dapat buat sisi dalam mulut perih, hingga Si Kecil malas untuk makan. Tanda-tanda Si Kecil alami sariawan yakni ada bulatan berwarna putih atau kuning dibagian dalam bibir, pipi, atau gusi. Keadaan ini sesungguhnya tidak sering berlangsung pada bayi berumur 10 bln. ke bawah. Namun tidak tutup peluang bayi Anda merasakannya.

Sariawan pada bayi dapat dikarenakan oleh trauma pada mulut seperti tergigit, kekurangan vitamin, alergi makanan, terinfeksi virus, atau karna aspek keturunan.

Untuk menangani keadaan ini, Anda dapat mengompres sariawan dengan es batu manfaat meredakan rasa nyeri atau membuatnya mati rasa. Atau dapat pula memoleskan larutan yang terbagi dalam air, garam, serta soda kue. Celupkan kapas pada larutan, lantas lekatkan pada sariawan sejumlah 3 – 4 kali satu hari.

Menampik makanan baru

Bayi Anda mungkin saja terasa asing dengan rasa atau struktur dari type makanan yang baru Anda perkenalkan, hingga dia tidak ingin mengkonsumsinya. Untuk menangani bayi sulit makan karna keadaan itu, cobalah beri makanan yang hampir sama dari makanan terlebih dulu. Misalnya, bila dulu Si Kecil suka pada bubur wortel, Anda dapat cobalah memperkenalkannya dengan bubur ubi manis. Penampilan serta struktur yang serupa dapat menolong bayi berteman dengan makanan baru.

Janganlah segera memberikannya dalam jumlah umum. Beri sedikit untuk sedikit waktu jam makan. Bila dia menampiknya, janganlah memaksanya serta beralihlah ke makanan yang disenanginya.

Di masa ini Anda tidak bisa patah semangat. Selalu jejali Si Kecil dengan makanan baru.

Refluks gastroesofagus (GER)

Keadaan ini buat bayi keluarkan isi perutnya. Meskipun demikian, GER berlainan dengan muntah. Tanda-tanda bayi Anda alami GER yakni menangis, rewel terlalu berlebih bahkan juga hingga susah tidur, serta lesu dan pertumbuhannya yg tidak sepesat bayi-bayi beda seusianya. Keadaan ini dapat disertai oleh esofagitis (inflamasi pada dinding esofagus) atau tidak. Esofagitis mungkin saja dapat buat bayi sakit waktu menelan hingga dia pilih tidak untuk makan.

Langkah menangani bayi sulit makan karna keadaan ini, mungkin saja dengan melindungi tempat bayi supaya tetaplah tegak sesudah makan sepanjang 30 menit. Jauhi memberikannya makanan dalam jumlah besar. Jauhkan juga dia dari asap rokok.

Bila langkah diatas tidak efisien, Anda dapat membawanya ke dokter. Peluang dokter juga akan memberi obat yang memiliki kandungan antasid, cimetidine, ranitidine, omeprazole atau lansoprazole.

Hal lainnya

Masih tetap kenyang, capek, atau sakit mungkin saja buat bayi menampik untuk makan. Tetapi Anda tidaklah perlu cemas, saat dia terasa lapar, dia tentu lahap waktu makan.

Sepanjang memberikannya konsumsi, yakinkan itu masih tetap sesuai sama daftar makanan yang disarankan untuk usianya. Janganlah memberikannya makanan ber-MSG walau bayi sulit makan untuk tingkatkan nafsu makannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top