Jenis Sterilisasi Yang Ada di Laboratorium

Jenis Sterilisasi Yang Ada di Laboratorium – Proses sterilisasi merupakan suatu proses yang sangat penting untuk dilakukan di suatu laboratorium mikrobiologi. Bisanya pada laboratorium mikrobiologi proses sterilisasi dilakukan dalam 2 tahap yaitu sebelum dilakukan pengamatan dan sesudah pengamatan atau analisa.

Proses sterilisasi yang dilakukan sebelum analisa bertujuan untuk memastikan bahwa alat-alat laboratorium beserta medianya sudah benar-benar steril dari berbagai mikroorganisme sebelum digunakan. Sedangkan proses sterilisasi setelah analisa dimaksudkan untuk memastikan bahwa mikroorganisme yang tumbuh sudah benar-benar musnah dan tidak akan menjadi sumber kontaminasi untuk analis serta lingkungannya.

Untuk metode atau cara sterilisasi yang dipakai bisa dipilih menurut ketersediaan alat, jenis alat atau bahan yang yang akan disterilkan. Dan berikut adalah jenis-jenis sterilisasi yang terdapat di suatu laboratorium :

1. Sterilisasi Basah
Jenis sterilisasi ini memanfaatkan pemanasan basah berupa uap yang memiliki tekanan tinggi. Metode ini dianggap sebagai metode yang paling manjur untuk memusnahkan berbagai mikroorganisme. Alat yang digunakan pada metode ini bernama autoclave. Alat sterilisasi ini berbentuk seperti panci yang dilengkapi dengan media pengaturan suhu. Diberbagai toko terutama toko alat kesehatan atau laboratorium sudah banyak yang jual autoclave ini dari berbagai tipe dan merk.

Autoclave

2. Sterilisasi Fraksional
Jenis sterilisasi ini adalah dengan memberikan uap panas bersuhu 100 derajat Celsius dalam kurun waktu sekitar 30 menitan dan masa inkubasi selama 3 hari. Metode ini biasa digunakan ketika belum ditemukan autoclave, namun setelah ada autoclave proses sterilisasi pun beralih, karena bisa dibilang dengan menggunakan autoclave lebih praktis dan efisien.

3. Pasteurisasi
Sebenarnya ini tidaksama dengan sterilisasi. Metode ini hanya digunakan untuk mengurangi bakteri atau membunuh organisme berbahaya yang terdapat pada cairan seperti susu.

4. Sterilisasi Penyaringan
Sterilisasi ini berfungsi untuk memisahkan mikroorganisme dari suatu larutan. Dalam prosesnya metode sterilisasi ini menggunakan bantuan alat pompa vakum. Cairan nantinya akan melewati filter sedangkan mikroorganisme akan tertangkap di pori-pori filter.

Selain keempat jenis sterilisasi diatas ada pula beberapa jenis lain yang ada di laboratorium seperti sterilisasi panas, pembakaran langsung, iradiasi sinar gamma serta desinfeksi menggunakan bahan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top