4 Cara Merawat Karpet Masjid

Di zaman berkembangnya saat ini banyak yang jual karpet masjid di pasar mulai dari yang polos dan bermotif. Untuk harga yang murah dan kualitas yang mewah masih banyak di gemari pada setiap kalangan masyarakat. Dengan seiring pentingnya kebutuhan masjid, banyak yang menjual karpet dengan sistem harga per meter. Penjual karpet saat ini mulai merambah ke dunia online untuk menambah keuntungannya. Tidak mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan karpet yang seperti itu, karena sudah ada banyak karpet yang harganya terjangkau namun kualitasnya yang bagus.

Cara merawat dan mencuci karpet sadjadah masjid itu tidah mudah karena cara yang salah akan membuat karpet sadjadah masjid anda mudah luntur warnanya serta udah tipis helai benangnya. Lalu bagaimana tips merawat karpet masjid :

  1. Hindari Gesekan Dengan Benda Keras

Bila mungkin diatas karpet terdapat mimbar atau kursi maka memindahkannya dengan cara diangkat. Karena bila diseret akan beresiko meninggalkan bekas di karpet.

 

  1. Rutin Dibersihkan Dengan Vacuum Cleaner

Karpet sebaiknya dibersihkan dengan vacuum clener 2 kali seminggu. Pastikan bahwa vacuum cleaner hanya digunakan untuk membersihkan karpet sadjadah saja. Jangan digunakan untuk area yang permukaannya keras, karenan vacuum cleaner yang bergesekan dengan lantai kasar akan aus dan bila itu membekas pada karpet akan sulit di bersihkan.

 

  1. Hindarkan Dari Suhu Lembab

Hindarkan karpet dari suhu lembab karena akan menyebabkan jamur dan bau tidak enak. Ini sering terjadi di pintu masuk akibat kaki yang belum kering betul. Cara menyikapinya adalah area dari tempat wudhu hingga ke masjid rubber atau karpet bihun kemudian atasnya dilapisi dengan handuk.Tujuannya untuk memastikan bahwa kaki tersebut kering saat akan masuk ke masjid.

 

  1. Tidak Membawa Makanan Kedalam Masjid

Sebaiknya tidak membawa makanan basah ke atas area karpet seperti kopi atau minuman lainnya. Bila karpet terkena tumpahan kopi maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membersihkannya dengan handuk basah yang telah diperas, kemudian diusap dan ditekan-tekan hingga kopi tersebut terserap. Lalu biarkan kering kemudian divacuum cleaner untuk mengangkat ampas kopi yang tersisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top