Berbagai Penyebab Diare dan Cara Mencegahnya dengan Mudah

Berbagai Penyebab Diare dan Cara Mencegahnya dengan Mudah

Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan buang air besar dalam kurun waktu yang sering. Selain sering, biasanya juga ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan oleh penderita diare ini. Sehingga bagi orang yang sedang mengalami diare akan merasa tidak nyaman karena bolak-balik ke kamar mandi dan juga harus menahan perut yang selalu ingin buang air besar. Apabila kondisi tersebut tidak dihentikan dan diobati maka biasanya penderita akan mengalami dehidrasi sehingga bisa pingsan. Oleh karena itulah sebaiknya dicegah dengan tepat agar tidak menjadi penyakit yang fatal. Selain mencegah, tentunya langkah pertama adalah harus mengetahui dulu penyebab diare ini agar Anda dapat untuk mencegahnya agar tidak terkena penyakit yang satu ini.

Faktor yang menyebabkan diare ini paling besar adalah diderita karena terkena infeksi usus. Dan hal tersebut disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak bersih sehingga menyebabkan infeksi yang kemudian akan mengalami diare. Infeksi karena makanan dan juga minuman ini biasanya karena bahan dari makanan dan minuman yang terkontaminasi. Hal tersebut karena makanan dan minuman yang dikonsumsi mengandung bakteri, parasit, dan juga virus yang dapat menjadi penyebab sakit diare ini. Dimana beberapa jenis virus yang menyebabkan diare ini disebut dengan norovirus dan juga rotavirus.

Selain virus yang ada pada makanan dan juga minuman yang tidak bersih dan telah terkontaminasi, ada beberapa penyebab penyakit diare lainnya yang harus diketahui oleh masyarakat seperti:

Penyebab Diare Lainnya Yang Harus Diketahu Masyarakat

  • Diare juga bisa disebabkan oleh Anda yang tengah menjalani pengobatan dan harus mengkonsumsi obat-obat tertentu. Dimana efek samping dari obat-obatan tersebut bisa menyebabkan diare.
  • Diare juga bisa disebabkan karena faktor psikologis seperti Anda yang sedang merasa gelisah, merasa gugup biasanya akan lebih mudah untuk diare.
  • Diare juga bisa disebabkan oleh Anda yang sering mengkonsumsi alkohol ataupun kopi secara berlebihan.

Ketika sedang mengalami diare, sebaiknya penderita segera diobati dengan berbagai cara. Terutama anak-anak karena akan sangat berbahaya hingga mengakibatkan terancamnya nyawa hingga resiko kematian. Anak-anak yang mempunyai daya tubuh yang masih tidak stabil dan juga imun yang belum sempurna biasanya akan lebih sering terkena penyakit sehingga lebih baik segera diobati apabila ada anak dan bayi yang mengalami diare ini.

Untuk mengobati penyakit diare ini, salah satu hal mudah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat oralite sebagai langkah mencegah diare. Biasanya penderita setelah minum obat diare akan sembuh tanpa harus dibawa ke dokter sehingga tidak perlu untuk panik. Akan tetapi tentu saja untuk masyarakat sebaiknya tetap melakukan pencegahan agar tidak terkena penyebab diare ini dengan berbagai langkah seperti mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy sebelum makan. Membuat makanan dengan bahan yang segar dan juga bersih, dan juga pastikan kebersihan dari toilet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top