Cara Mengatasi Anak Pemarah dan Sensitif yang Benar

Cara Mengatasi Anak Pemarah dan Sensitif

Setiap anak memiliki karateristik yang berbeda-beda, ada yang mudah marah, sensitif dan lain-lain. Karateristik-karateristik tersebut harus orang tua pahami agar tidak salah dalam mengasuh anak. Jika anak Anda mudah tersinggung, sensitif dan mudah marah, berikut cara mengatasi anak pemarah dan sensitif.

  1. Menasehati Anak

Sebagai orang tua, jika anaknya beruat salah maka harus dinasehati. Menasehati anak yang sensitif kadang lebih susah daripada menasehati anak yang biasa saja. Oleh karena itu orang tua bisa melakukan pendekatan lain seperti mengobrol mendalam dengan anak. Usahakan orang tua mendengarkan cerita si anak agar orang tua tahu bagaimana cara mengatasi anak yang sensitif. Dengan mengobrol, Anda bisa tahu apa yang menyebabkan anak Anda mudah marah dan sensitif. Berbicara panjang lebar dengan anak juga akan menambah wawasan si anak dan ia dapat merefleksasikannya di kehidupannya.

  1. Jangan Terlalu Ikut Campur Dengan Permasalahan Anak

Jika Anda melihat anak sedang mempunyai masalah dengan temannya. Mudah tersinggung ketika bercanda dengan teman-temannya maka Anda jangan langsung ikut campur. Biarkan anak mengatasi masalahnya sendiri terlebih dahulu. Hal ini agar bisa melatih kemandiriannya. Setelah dirasa cukup ada perkembangan, barulah Anda bisa mengobrol dengannya mengenai masalah tersebut.

  1. Sabar Terhadap Perilakunya

salah satu hal yang penting dalam cara mengatasi anak pemarah dan sensitif adalah sabar. Menghadapi anak yang mudah marah serta sensitif memang memerlukan kesabaran tinggi. Anda tidak boleh mudah terpancing emosi saat menghadapinya. Berbicaralah dengannya dengan sabar dan tenang, maka dia akan ikut tenang dan akan bercerita kepada Anda. Sebaiknya Anda juga membantunya dalam mengendalikan emosi dan perasaannya.

  1. Konsultasi Ke Psikolog

Jika dari tips-tips di atas anak Anda masih mudah marah dan sensitif, datanglah ke psikolog anak. Konsultasilah dengan psikolog mengenai bagaimana solusi yang tepat menghadapi anak yang mudah marah dan sensitif.

Mempunyai anak sensitif tidaklah salah, akan tetapi Anda hanya perlu menemukan langkah yang tepat bagaimana cara mengatasi anak pemarah dan sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ˆ Back To Top